Al Waahid, Al Ahad

Allah Ta’ala berfirman,

قل هو الله أحد
“Katakanlah, ‘Dia Allah Yang Maha Esa’. ”
(Qs. Al Ikhlash (112): 1)

قل الله خالق كل شيء و هو الواحد القهار
“Katakanlah, “Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa’. ”

Al Waahid artinya adalah yang diesakan dengan seluruh kesempurnaan, tanpa ada sesuatupun yang bersekutu dalam pengesaan itu.
Seorang hamba wajib mengesakan Allah dalam keyakinan, ucapan dan amalan, dengan mengakui kesempurnaan-Nya yang absolut, dan kesendiriian-Nya dalam Wahdaniyyah (Keesaan), serta mengesakan-Nya dengan berbagai macam ibadah. (Tafsir Al Allamah Abdurahman ibn Nashir As Sa’di. Jld 5 hlm 620)

Al Ahad artinya Yang Memonopoli setiap kesempurnaan, kemurahan, kebesaran, keindahan, pujian, hikmah, rahmat, dan sifat-sifat sempurna lainnya.
Di dalam sifat-sifat Allah tiada yang serupa, sepadan, dan sejenis dengan-Nya, dari segi manapun. Dia Maha Esa dalam Hidup-Nya, Qoyyumiyyah-Nya (terus menerus mengurus makhluk), pengetahuan-Nya, kekuasaan-Nya, Keagungan-Nya, kebesaran-Nya, keindahan-Nya, pujian-Nya, dan sifat-sifat lainnya. Dia mempunyai puncak kesempurnaan pada setiap sifat-Nya.
Allah menyandang seluruh sifat kesempurnaan, dimana hati para makhluq tidak dapat meliputi sifat-sifat tersebut, dan lisan mereka tidak dapat mengungkapkannya.(Bahjah Qulub Al Abrar wa Qurrah ‘Uyun Al Akhyar.(hlm.291) oleh Abdurrahman As Sa’di)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: