Dzikir Dalam Tharekat

Bagian dalam Thoriqot yang hampir selalu kelihatan dikerjakan adalah Dzikir. Dalam Thoriqot dzikir mengingat Allah dibantu dengan berbagai ucapan yang menyebut nama Allah, sifat Allah, atau kata-kata yang mengingatkan pada Allah.
Ahli Thoriqot berkeyaqinan jika manusia atau hamba Allah yang yaqin jika lahir dan bathinnya dilihat Allah, segala perbuatannya diawasi, semua perkataan di dengar, segala cita-cita dan niatnya diketahui oleh Allah, maka hamba itu akan menjadi manusia yang benar karena dia selalu memperhambakan diri kepada Allah ‘azza wa jalla, berkekalan beribadah kepada Penciptanya.
Menurut keyakinan Ahli Thoriqot dzikir menyebut nama Allah atau ma’rifatulloh akan menimbulkan dua sifat pada manusia.
Pertama, seorang hamba Allah dan kedua, Kekasih Allah. Jika seorang hamba Allah takut kepada Allah maka semua perintah Allah akan dikerjakan dan segala larangan-Nya akan dihentikan. Seseorang yang cinta kepada Allah tentu akan memilih segala sesuatu yang disukai Allah dan menjauhkan diri yang dibenci Alloh. Manusia tidak lepas dari 4 perkara yaitu Kedatangan nikmat, kedatangan cobaan, berbuat taat dan berbuat dosa.Jika pada waktu lupa pada Allah maka ni’mat dapat membawa kepada sombong, takabur, dan tinggi hati padanya. Tapi jika ingat Allah pada waqtu mendapat nikmat, maka dia akan bersyukur kepada Allah dan perbuatannya akan lebih baik lagi. Dengan alasan itu golongan thoriqot mempertahankan dzikir tidak saja mengingat Allah dalam hati, tapi juga menyebut Allah dengan lidahnya.
Menurut mereka amal perbuatan yang tidak mengingati Allah atau tidak karena Allah akan kosong dan hampa dari pahala yang sebenarnya.
Dalil-dalil yang yang di kemukakan antara lain:

Pertama: Karena berdzikir mengingatkan kepada Allah dan karena menjunjung perintah Allah.
Firman Allah:”Wahai segala yang percaya kepada Allahsebut olehmu akan Allah dengan sebutan yang banyak dan ucapan tasbih pada pagi-pagi dan petang-petang” (Q.S. Al ahzab: 41-42 ).

Kedua, orang yang berdzikir mengingat Allah dan Allah akan mengingat orang itu.
Firman Allah : ”Maka ingatlah kepada-KU, AKU pun akan ingat pula kepadamu…” (Q.S. Albaqoroh:152).

Ketiga, dalam dzikir itu nyata benar kebesaran Allah, bahkan untuk selama hidup. Firman Allah: ”Dzikir Allah itu lebih besar daripada ibadah-ibadah yang lain” (Q.S. Ankabut:45).

Keempat. Mendapatkan pahala dan ampunan.
Firman Allah :”Dan terhadap orang-orang yang banyak dzikir kepada Allah, baik laki-laki maupun wanita. Allah menyediakan keampunan dan pahala yang besar” (Q.S. Al- ahzab:35)

Kelima. Menyembuhkan penyakit hati.
Sabda Nabi s.a.w. : ” Menyebut Allah itu ialah menyembuhkan penyakit hati, artinya memperbaiki hati” (H.R. Anas bin Malik).

Keenam. Menetapkan hati, jika hati telah tetap maka anggota tubuhpun akan tetap mengerjakan perintah Allah dan sebaliknya.
Firman Allah: ” Adapun segala mereka yang iman, yang percaya kepada Allah dan yang tetap hatinya dengan dzikir kepada Allah, ketahuilah olehmu bahwa dengan berdzikir segala hati akan tetap” (Q.S. Ar- Ro’du:28 ).

Ketujuh. Mensucikan manusia, melepaskan dari adzab qubur, dan lebih besar pahalanya dari perang sabil.
Sabda Nabi s.a.w. : ” Bahwasanya tiap segala sesuatu ada alat untuk mensucikan, dan alat untuk mensucikan hati adalah dzikir kepada Allah. Tiadalah sesuatu yang dapat melepaskan manusia dari siksa qubur selain daripada Dzikrulloh”.
Seorang sahabat bertanya ” apakah jihad di jalan Allah tidak dapat juga ?”. Jawab Nabi s.a.w. ” meskipun jihat di atas jalan Allah”. Dan masih banyak lagi Ayat Alquran dan hadits yg mereka kemukakan tentang fadilah- fadilah dzikir. (Dipetik dari kitab ertahanan Thareqat Naksabandiyah’ jilid 1, karangan Dr. H. Jalaluddin)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: