AR ROQIIB, ASY SYAHIID, AL HAFIIDZ

Ar Roqiib artinya yang melihat apa yang disembunyikan hati dan mengawasi setiap jiwa atas apa yang diusahakanya.
Allah Ta’alaa berfirman:

إن الله كان عليكم رقيبا

”Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kalian.” (Q.S. An Nisaa’:1)

Ar Roqiib artinya yang menjaga makhluk-makhluk dan menggerakkannya dengan sebaik-baik aturan dan pengendalian yang paling sempurna.

Asy Syahiid maksudnya adalah yang menyaksikan segala sesuatu baik yang ghaib ataupun yang nyata. Pengetahuan-NYA mencakup segala sesuatu, yang bersaksi untuk hamba-hamba-NYA dan atas hamba-hamba-NYA atas apa yang mereka kerjakan.

Syaikh Abdurahman As Sa’di berkata ”Ar Raqiib maknanya berdekatan dengan Asy Syahiid. Keduanya menunjukkan cakupan pendengaran Allah dengan hal-hal yang terdengar (masmu’at), penglihatan-NYA terhadap hal-hal yang terlihat (mubsharat), dan pengetahuan-NYA terhadap setiap objek pengetahuan (ma’lumat), baik yang jelas ataupun samar.
Firman Allah Ta’alaa:

والله على كل شيء شهيد

”Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.” (Q.S. Al Mujaadilah:6)

Ketika seorang hamba tahu bahwa gerak-geriknya (lahir batin) selalu diawasi dan diketahui oleh Allah, maka itu akan mencegahnya dari tiap ucapan dan perbuatan yang menyebabkan Allah murka. Merasa diawasi Allah (muroqobah) merupakan amal hati yang paling tinggi adalah ta’abud (beribadah) pada maqam ihsan. Ia beribadah kepada Allah seolah-olah dia melihat-NYA, bila tidak melihat Allah, maka sesungguhnya Allah melihatnya.

Allah Ta’alaa berfirman:

إن رب على كل شيء حفيظ

” Sesungguhnya Tuhanku adalah Maha Pemelihara segala sesuatu.

Al Hafiidz memiliki dua makna :

Pertama, Allah menjaga perbuatan baik dan buruk, ta’at dan maksiat yang dilakukan hamba-hamba-NYA. Pengetahuan Allah meliputi seluruh amal lahir dan batin mereka. Allah menulisnya di Lauh Mahfuzh dan menugaskan para malaikat pencatat amal.

Makna penjagaan-NYA mengimplikasikan cakupan Ilmu Allah terhadap kondisi makhluk lahir dan batin, lalu ditulis di Lauh
Mahfudz dan di lembaran yg ada ditangan Malaikat. Pengetahuan-NYA meliputi timbangan amal, kesempurnaan dan kekurangannya serta ukuran balasannya (pahala dan hukuman), kemudian keputusan-NYA juga berdasarkan fadhilah dan keadilan-NYA.

Kedua, Allah Ta’alaa memelihara hamba-NYA dari semua bahaya dengan pemeliharaan umum dan khusus.

Pertama, Pemeliharaan umum yaitu pemeliharaan Allah kepada semua makhluk, dengan memudahkan mereka untuk melakukan segala sesuatu yang dapat menjaga mereka dan memelihara lingkungan, dan berjalan menuju petunjuk-NYA dengan arahan yang bersifat umum.
Allah Ta’alaa berfirman :

أعط كل شيء خلقه ثم هدى

‘Yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadian-NYA, kemudian memberinya petunjuk.” (Q.S. Thaahaa :50)

Maksudnya Allah memberi petunjuk pada tiap makhluk untuk mendapatkan kebutuhan yang telah ditaqdirkan untuknya. Dalam hal ini orang baik dan buruk kedudukannya sama, bahkan hewan dan selainnya.

Kedua, pemeliharaan khusus Allah terhadap wali-wali-NYA. Selain penjagaan yang tadi, Allah juga menjaga mereka dari sesuatu yang membahayakan iman mereka atau mengguncang iman mereka seperti subhat, fitnah, dan syahwat.
Allah membersihkan dan mengeluarkan mereka dari hal-hal tersebut, serta dari musuh-musuh golongan jin dan manusia. Allah memenangkan wali-wali-NYA dan menahan tipu daya mereka.
Allah Ta’alaa berfirman :

إن الله يدافع عن الذين ءامنوا

”Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman.” (Q.S. Al Hajj :38)

Seberapa besar iman seorang hamba, maka sebesar itulah pembelaan dan kelembutan Allah.

Dalam hadist disebutkan, :
”Peliharalah Allah, niscaya Allah akan memelihara kalian.” (H.R Tirmidzi jld 6 hlmn 667 shahih menuruj Al bani).
Maksudnya, peliharalah semua perintah-perintah dengan kepatuhan, larangan-larangan-NYA dengan sikap menjauh, dan batasan-batasan-NYA dengan tidak melampauinya, niscaya Allah akan memelihara dirimu, agamamu, hartamu, anakmu, dan seluruh fadhilah yang akan diberikan Allah kepadamu.

Wallahu A’lam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: