AL ‘AFUWWU, AL GHOFFAAR, AL GHOFFUUR, AT TAWWAABU

Al ‘Afuwwu artinya adalah Yang Memiliki Maaf yang Luas, termasuk seluruh dosa yang dilakukan hamba-hamba-NYA, apalagi bila mereka beristighfar, bertaubat dan beramal sholeh.
Allah Ta’ala berfirman:

إن الله لعفو غفور

”Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.” (Q.S. Al Hajj:60)

Allah menjanjikan maaf kepada orang-orang yang mengerjakan hal-hal yang mendatangkan maaf-NYA.
Allah Ta’alaa berfirman:

وإني لغفار لمن تاب وءامن وعمل صالحا ثم اهتدى

”Dan sesungguhnya AKU Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman dan beramal sholeh, kemudian tetap di jalan yang benar.” (Q.S. Thaahaa:82)
Allah Maha pemaaf lagi mencintai maaf, danmencintai hamba-hamba-NYA jika mereka berusaha mendapatkan ridho-NYA dan berbuat baik kepada makhluk-NYA.
Diantara kesempurnaan maaf Allah adalah DIA menerima taubat hamba-NYA, walaupun ia melewati batas dalam menganiaya dirinya.
Allah Ta’alaa berfirman:

قل ياعبادي الذين أسرفوا على أنفسهم لا تقنطو من رحمة الله إن الله يغفر الذنوب جميعا إنه هو الغفور الرحيم

”Katakanlah, ‘Hai hamba-hamba-KU yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya DIA Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Az Zumar:53)
Allah berfirman dalam hadist qudsi:
”Hai anak Adam, sesungguhnya seandainya engkau datang kepada-KU dengan hampir sepenuh bumi kesalahan, kemudian engkau menemui-KU tanpa menyekutukan AKU dengan sesuatu, niscaya AKU memberimu hampir seisi bumi ampunan.” (H.R. Tirmidzi jld 4 hal:122 dengan sanad hasan)

Allah telah membuka pintu-pintu ampunan-NYA dengan taubat, istighfar, iman, amal sholeh, berbuat baik kepada hamba-hamba Allah, memaafkan mereka, mengharap kepada fadhilah Allah, baik sangka kepada Allah, dan hal-hal lain yang di jadikan Allah sebagai perantara pendekatan kepada ampunan Allah.
Allah Ta’alaa berfirman:

ألم يعلموا أن الله هو يقبل التوبة عن عباده ويأخذ الصدقات وأن الله هو التواب الرحيم

”Tidakkah mereka mengetahui, bahwa Allah menerima taubat dari hamba-hamba-NYA dan menerima zakat, dan bahwasanya Allah Maha Penerima Taubat lagi maha penyayang?” (Q.S. At Taubah:104)

At Tawwaab artinya adalah yang senantiasa menerima taubat orang-orang yang bertaubat. Setiap orang yang bertaubat (nasuha) kepada Allah maka Allah pasti menerima taubatnya.
DIA-lah yang memberi taubat atas orang-orang yang bertaubat dengan memberi taufik kepada mereka untuk bertaubat dengan menghadapkan hati mereka kepada-NYA. DIA-lah yang membuat mereka bertaubat, serta menerima taubat mereka.
Allah Ta’alaa memunculkan rasa ingin bertaubat dihati hamba-NYA untuk kembali kepada-NYA, hingga ia menjalankan taubat dan syarat-syaratnya dengan cara meninggalkan maksiat, menyesali perbuatannya, bertekad untuk tidak mengulanginya, dan mengganti dengan amal-amal sholih. Sesungguhnya taubatan nashuha menghapus dosa-dosa yang telah berlalu.

Wallahu A’lam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: