Manfaat Dan Faedah Membaca Sholawat

Banyak sekali Sabda Hadits Rosululloh yg menerangkan keutamaan dan manfaat membaca sholawat antara lain:

من صل علي صلاة واحد صل الله عليه مائة
……الخ

”Barangsiapa membaca sholawt kepadaKu 1x, maka Allah membalas sholawat kepadanya 10x, barang siapa membaca sholawat kepadaNya 10x, Allah akan membalas 100x, dan barangsiapa membaca sholawat kepadaKu 100x, Allah menulis pada kedua matanya ”bebas dari munafiq dan bebas dari neraka” & Allah menempatkannya nanti di Hari Qiyamat dengan para Syuhada’.(H.R.Thobroni dari Anas bin Maliq)

إن أولى الناس بى يوم القيامة أكثرهم على صلاة

”Sesungguhnya paling utamanya manusia disisiku pada Hari Qiyamat ialah mereka yg paling banyak membaca sholawat kepadaKu. (H.R. Tirmidzi dari Ibn Mas’ud. Hadist hasan).

الدعاء كله محجوب حتى يكون أوله ثنآء على الله عز وجل وصلاة على النبى
الخ……

”Doa segala majam itu terhalang, sehingga permulaaan
berupa pujian kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan sholawat kepada Nabi S.A.W. kmudian berdoa maka doa itu di ijabahi. (H.R. Imam Nasai)
Barang siapa menuliskan sholawat kepadaKu dalam suatu Kitab, maka para Malaikat tiada henti-hentinya memohonkan ampun selama namaKu masih ada dalam kitab itu” (H.R. Thobroni dari Abi Hurairah R.A.)

”Perbanyaklah membaca Sholawat kepadaKu pada hari Jum’at, maka sungguh bacaan sholawat umatKu pada hari Jum’at di perlihatkan kepadaKu” (H.R. Baihaqi dengan sanad yg hasan).

”Sesungguhnya Allah memiliki Malaikat yg bertebaran di angkasa yg tugasnya menyampaikan kepadaKu salam dari umatKu”.

Pendapat Ulama tentang Sholawat.

وبالجملة فالصلاة على النبى صل الله عليه وسلم توصل إلى الله من غير شيخ
الخ……

”Secara keseluruhan membaca sholawat kpd Nabi S.A.W. dapat mewusulkan kepada Allah tanpa Guru. Karena Guru dan sanad di dalam sholawat itu adalah Shohibus sholawat(yaitu Rosululloh s.a.w.)
karena sholawat tersbut langsung dperlihatkan kepada beliau, dan Allah membalas sholawat kpd pembaca. Beda dengan dzikir yang harus ada Guru (Mursid) yg arif Billah. Kalau tidak maka syetan mudah masuk ke dalam amalan dzikir tsb, dan orang yang berdzikir tidak beroleh manfaat dari dzikirnya” (kitab Saadatud-daroini hal:90)

”Dan sesungguhnya Para Ulama’ sudah sependapat bahwa bermacam amal itu ada yg di terima dan di tolak, kecuali sholawat kepada Nabi s.a.w. maka sungguh sholawat kepada Nabi S.A.W. itu pasti di terima” (Kitab Taqribul Ushul hal:57)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: